(MENEMBUS SNMPTN) SIKAP SUKSES PART 1

Nusaresearch

Thursday 3 November 2011

(MENEMBUS SNMPTN) SIKAP SUKSES PART 1

APA YANG ANDA PIKIRKAN, ITULAH YANG TERJADI DALAM DIRI ANDA. UNTUK ITU BERPIKIRLAH LULUS SUPAYA ANDA LULUS


Oleh: SUWAH SEMBIRING



Banyak orang yang saya kenal tidak mengerti arti kata "sukses" secara benar, sehingga mereka sering menganggap bahwa sukses itu adalah nasib atau orang sukses itu dilahirkan oleh orang kaya atau orang pintar. Mereka lupa bahwa sukses itu bukan datang dari luar, tetapi dia datang dari dalam diri mereka sendiri.

Sebagai contoh, marilah kita lihat suatu kasus yang sering dijadikan "kisah" dalam buku-buku penjualan. Peristiwanya begini: Ada dua orang wiraniaga ditugasi oleh dua perusahaan pembuat sepatu ke Afrika (tentu saja untuk melihat prospek pemasaran sepatu). Setelah dua hari berada di Afrika, mereka melihat bahwa tak ada seorangpun yang memakai sepatu disana. Mereka masing-masing mengirim telegram kepada atasannya. Satu wiraniaga mengirim telegram, "Besok saya pulang, tak ada seorangpun yang memakai sepatu disini". Wiraniaga yang lain mengirim telegram, "kirim segera 5000 pasang sepatu, tak ada seorangpun yang memakai sepatu disini".

 Kasus diatas memperlihatkan kepada kita bahwa ada dua wiraniaga menghadapi keadaan yang sama tetapi menanggapi dengan cara yang berbeda. Wiraniaga pertama, dengan cara seperti itu, tentunya tidak akan mendapatkan apa-apa dari perjalanannya ke Afrika itu. Akan tetapi wiraniaga kedua kemungkinan akan memperoleh keuntungan yang besar. Kalau begitu apa yang membuat mereka berbeda? Jawabannya adalah SIKAP, sikap memandang sesuatu! Wiraniaga pertama memandang keadaan "tak ada yang memakai sepatu" tadi sebagai pertanda bahwa orang-orang afrika tidak akan mau membeli sepatu, sedangkan wiraniaga kedua melihat keadaan tersebut sebagai pertanda bahwa orang-orang Afrika belum mengenal sepatu sehingga kalau ada sepatu maka mereka akan berbondong-bondong membelinya. Disini letak perbedaan antara orang-orang sukses dan orang tidak sukses. Orang sukses melihat sesuatu itu sebagai peluang, tetapi orang tidak sukses melihat sesuatu sebagai hambatan.



Dari kasus di atas, saya mengharapkan Anda telah menyadari bahwa kesuksesan itu bukanlah nasib dan juga tidak menuntut harus dilahirkan dari orang kaya atau orang pintar. Kelulusan Anda di SNMPTN nanti juga tidak memperdulikan apakah saat ini Anda dapat rangking atau tidak. Tetapi dia menuntut perubahan sikap anda. Sikap- sikap yang dimiliki orang-orang sukses disebut sikap sukses atau sikap positif. Sikap-sikap positif tersebut antara lain adalah berpikiran positif, berkeyakinan positif, berkemauan positif, dan sebagainya.

Sebelum saya menjelaskan satu persatu tentang sikap di atas atau bab demi bab dalam buku ini, maka terlebih dahulu saya ingatkan bahwa yang saya berikan dalam buku ini adalah teori atau anjuran-anjuran. Misalnya bab dua menjelaskan tentang metode belajar efektif. Setelah selesai bab tersebut Anda baca tentu tidak otomatis membuat Anda menjadi pandai, Akan tetapi haruslah  Anda praktekkan. Begitu juga tentunya untuk bab-bab lainnya.

Sumber: Pemantapan Menghadapi SNM-PTN 2012 
             Tim Widya Gamma & Tim Quantum
             YRAMA WIDYA

No comments:

Post a Comment