(MENEMBUS SNMPTN) BERFIKIR POSITIF PART 2

Nusaresearch

Saturday 5 November 2011

(MENEMBUS SNMPTN) BERFIKIR POSITIF PART 2


Oleh: SUWAH SEMBIRING






Apakah berfikir positif itu? Berfikir positif adalah suatu kegiatan mental yang menghasilkan pikiran-pikiran yang mendukung tercapainya suatu tujuan. Sedangkan pikiran-pikiran yang menghambat tercapainya suatu tujuan disebut pikiran negatif. Berfikir positif menggunakan gagasan-gagasan positif. Misalnya: Saya bisa, Saya sehat, Saya bahagia, dan sebagainya. Sedangkan contoh gagasan-gagasan negatif antara lain: Saya tidak bisa, Saya dalam keadaan kurang sehat, Hidup saya kurang bahagia, dan sebagainya.




Gagasan-gagasan negatif seperti 'tidak bisa" dapat menghancurkan seluruh kemampuan Anda. Hilangkanlah gagasan-gagasan tersebut dari kams pikiran Anda. Sebaliknya gagasan-gagasan positif seperti "harus bisa" dapat membangkitkan seluruh kemampuan Anda. Karena itu, kalau Anda ingin sukses, biasakanlah berfikir positif.


Apakah pikiran positif itu selalu berhasil? Jawabannya: YA, selalu dan pasti! Hasil perbuatan kita selalu sejalan dengan hukum alam. Salah satu hukum alam tersebut adalah hukum alam sebab akibat. Jika kita menanam tomat pasti yang tumbuh juga tomat, tidak mungkin tumbuh cabe. Begitu juga jika kita tanam kebaikan (berfikiran positif), maka pasti yang tumbuh juga kebaikan(kesuksesan), dan tidak mungkin tumbuh yang lain. Kalau kita berfikir itu berarti kita memperkerjakan otak (syaraf pusat) kita. Apa yang dikerjakan syaraf pusat langsung ditanggapi oleh syaraf-syaraf lainnya (bawah sadar). Anda boleh mencoba dengan mengatakan "Tenang" pada diri anda secara pelan-pelan sambil berdiam diri beberapa saat, maka secara berangsur-angsur perasaan Anda menjadi lebih tenang . Begitu jiga sebaliknya, kalau Anda berkata "Perut saya mual" dan mencoba merasakan beberapa kali, maka perasaan mualpun berangsur-angsur menjadi terasa. Dengan demikian kalau tubuh ini diandaikan sebuah kapal, maka pikiran merupakan kaptennya. Kemana perginya kapal tentu tergantung kepada kapten. Begitu juga berhasil tidaknya Anda bergantung pada pikiran Anda.




Seorang pimpinan dalam suatu perusahaan pernah mengalami kegagalan dalam menjalankan perusahaannya. Dia tidak disenangi oleh pegawai-pegawainya. Mengingat kenyataan itu, suatu hari pimpinan itu merenungkan penyebab dari kegagalan tersebut. Kemudian ia menemukan bahwa penyebab tersebut ada pada dirinya sendiri. Dia sering berfikir negatif, membayangkan bahwa pegawainya tidak menyukai dia, sehingga dia tidak pernah mencoba menegur atau mencoba menyapa pegawai-pegawainya. Menyadari hal ini, pimpinan tersebut mengubah cara berfikirnya, dia mencoba merasakan seolah-olah pegawai-pegawainya menyenanginya. Sejak saat itu dia biasakan menyapa mereka. Akhirnya pegawai-pegawainya menjadi baik kepadanya. Nah, begitu juga sebaiknya kalau Anda ingin lulus SNMPTN, berfikir positif. Pikirkan kemungkinan lulus, kemudian belajarlah. Dengan cara seperti itu, saya yakin Andapun akan lulus.

Semua hal yang saya jelaskan diatas hanya merupakan gambaran tentang berfikir positif. Suatu hal yang paling penting tentunya bagaimana supaya kita menjadi pemikir positif? Mengubah diri menjadi pemikir positif kita lakukan atas dasar ungkapan yang sering kita dengar, yaitu "mens sana in corpore sano" yang artinya didalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang sehat. Pernyataan ini berlaku secara bolak balik, artinya, tubuh yang sehat cenderung membuat pikiran menjadi sehat(positif) dan pikiran yang positif cenderung membuat tubuh menjadi sehat.



Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kalau kita ingin menjadi pemikir positif, maka kita harus memperhatikan fisik dan mental secara simultan(terpadu).

Secara mental, kita harus menyadari bahwa berfikir positif itu menguntungkan. Karena itu, biasakan diri berfikir positif. Orang sering berfikir negatif karena sering melihat kelemahan-kelemahan yang ada dalam dirinya. Untuk itu, biasakanlah memandang diri dari segi positifnya.

Secara fisik, kita harus menjaga tubuh. Salah satu hal yang perlu dilakukan supaya tubuh sehat adalah berolahraga secara teratur yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Dengan berolahraga secara teratur, kelenjar-kelenjar tubuh kita akan diseksresikan dengan normal. karena kelenjar bereksresi dengan normal, maka terbentuklah susunan syaraf yang baik(sikap yang baik). Salah satu olahraga yag paling baik untuk kesehatan adalah lari pagi. Karena pada pagi hari itu, selain berollahraga, kita juga mendapat udara yang segar.


Sumber: Pemantapan Menghadapi SNM-PTN 2012 
            Tim Widya Gamma & Tim Quantum
            YRAMA WIDYA

Bersambung. . .


No comments:

Post a Comment