STRATEGI RANCANGAN BLOG

Nusaresearch

Monday 17 October 2011

STRATEGI RANCANGAN BLOG



































BloG merupakan salah satu cara mengekspresikan diri dan menyalurkan bakat menulis yang kita miliki. Untuk para penggemar menulis, selain menyalurkan dalam sebuah buku, skenario film, puisi, kita dapat menyalurkan dalam sebuah BloG.

Kenapa harus BloG?

Tentu saja, BloG merupakan sebuah hosting web gratis. Khususnya untuk bagi mereka yang serius menekuni dunia komputer khususnya website.

Bagaikan sebuah peribahasa yang pernah kita dengar

"Jer Basuki Mawa Bea"

"Segala sesuatu itu pasti membutuhkan uang"

Berarti jika anda memanfaatkan fasilitas BloG gratis, pasti ada kekurangan yaitu pada URL terdapat embel-embel ".blogspot.com", kecuali jika anda memanfaatkan fasilitas berbayar dengan URL murni dari anda sendiri.

Sebenarnya cukup banyak cara menerapkan strategi rancangan sebuah BloG agar selalu powerfull dalam jangka panjang dan dapat menarik pelanggan tetap anda, syukur anda dapat mendaftarkan afiliasi untuk berbisnis.

Jika anda cukup banyak uang, anda dapat membuat server web sendiri maupun hosting rancangan web anda.

Kenapa saya menyarankan seperti itu?

karena keuntungannya menjadi murni dari anda sendiri dan pembuatan design web menjadi lebih dinamis dan fleksibel.

Disini saya rangkum beberapa tehnik cara membuat BloG atau website lebih powerfull dan dapat menarik pelanggan tetap anda:

1. Buatlah design yang cukup unik, sehingga tamu anda merasa betah dan selalu ingat ciri khas BloG anda.

2. Buatlah URL BloG yang mudah diingat oleh pembaca, kalau bisa sesuai dengan tema dalam BloG anda.

3. Jika anda menerapkan strategi tulisan dalam blog yang banyak dan menceritakan kisah seorang tokoh tertentu, buatlah sebuah halaman BloG yang teduh dan tidak membuat mata pembaca cepat lelah.

4. Jangan mencampur-campur tema dalam BloG. Buatlah hanya satu tema dalam satu BloG. Seperti Komputer, Sejarah, Berita.

Masalahnya adalah jika anda mencampur banyak tema dalam satu BloG, pembaca hanya mengambil informasi yang dibutuhkan dari mesin pencari ke BloG anda. BloG anda tidak mempunyai ciri khas di hati pembaca. Mereka mencari informasi tidak berdasarkan alamat BloG anda tetapi dari mesin pencari.

5. Buatlah design dan isi BloG yang unik, beda, berkualitas, dan penuh kejutan, sehingga pembaca tidak merasa bosan dengan BloG anda.

6. Buatlah bahasa yang menyenangkan, lucu, mudah dipahami, membuat pembaca ingin membaca seterusnya.

7. Jangan isi BloG hanya terpaku pada tulisan yang statis dari awal sampai akhir. berikan variasi, spasi, font, warna, bentuk, dan simbol. Untuk gambar agar lebih dinamis dapat anda edit sendiri dengan photoshop ataupun corel draw.

Itulah Tips-tips kecil untuk menyempurnakan BloG kita. Mungkin baru itu yang dapat saya share. . . insya allah bisa lanjut kapan-kapan. . . kalau ada kritik, pertanyaan dan saran dapat anda kirimkan ke dananjayarisantono@gmail.com (privat voice) ataupun untuk berbagi cukup berikan komentar di bawah ini (public voice). akhir kata. . . . bye2. . .

No comments:

Post a Comment