SOFTWARE KOMPUTASI AWAN

Nusaresearch

Friday 23 December 2011

SOFTWARE KOMPUTASI AWAN

Siap memasuki era komputasi awan? Bila ya, sangat mungkin Anda membutuhkan peranti lunak ini, Gladinet Cloud Desktop. Gladinet Cloud Desktop digunakan untuk menghubungkan komputer Anda dengan online storage. Enaknya lagi, lokasi online storage tersebut dapat dimuat (mount) ke komputer sehingga seolah-olah menjadi direktori lokal. Ada cukup banyak cloud storage yang bisa Anda kelola dengan Gladinet Starter Edition ini, misalnya Amazon Cloud Drive, Google Docs, Windows Live Skydrive, FTP Server, dan bahkan bisa pula lokasi penyimpan di jaringan lokal atau di komputer itu sendiri. Gladinet Cloud Desktop tersedia dalam beberapa edisi, tetapi untuk pengguna personal atau kantor skala kecil, edisi yang paling tepat adalah Gladinet Starter Edition. Sudah tentu hal yang paling diunggulkan dari Gladinet Starter Edition adalah lisensinya yang bersifat gratis. Keterbatasannya cuma pada jumlah file yang dapat ditransfer per task, yaitu 1000 file. Tapi untuk kebutuhan personal, tentunya jumlah itu sudah relatif cukup banyak bukan?








Saat pertama kali dijalankan, ada tiga hal yang perlu diatur terlebih dahulu. Yang pertama, Gladinet akan meminta Anda untuk menentukan apakah akan menggunakan free edition atau membeli professional edition dengan memasukkan nomor lisensinya. Yang kedua, Anda diminta memasukkan alamat e-mail sehingga nantinya Anda bisa menerima free technical support, free update, dan beberapa hal lainnya. Tapi ini sifatnya optional, Anda bisa mengabaikannya jika memang tidak berkenan. Yang ketiga merupakan hal yang cukup penting, yaitu menentukan Cloud Storage Account. Anda minimal harus memiliki sebuah Cloud Storage Account untuk bisa menggunakan Gladinet Starter Edition.





Jika Anda belum memiliki Cloud Storage Account, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Pembuatan akun tersebut tidaklah terlalu sulit, karena dengan memiliki akun e-mail di Gmail atau Hotmail, Anda sudah bisa memiliki Cloud Storage Account di Google Docs atau Windows Live Skydrive. Setelah di-mount ke direktori lokal, lokasi online storage tersebut dapat dibuka dengan peranti lunak pengelola file yang umum dijumpai di Windows, misalnya Windows Explorer. Dengan demikian, Anda dapat melakukan pengelolaan file yang tersimpan di online storage (misalnya hapus, salin, mengganti nama, dan lain-lain) semudah mengelola file yang tersimpan di lokasi penyimpan lokal. Selain “meminjam” Windows Explorer sebagai pengelola file, Gladinet Starter Edition juga menyediakan peranti sendiri untuk melakukan pengelolaan file, yaitu Gladinet Cloud Explorer. Gladinet Cloud Explorer memiliki tampilan dual pane yang memudahkan Anda untuk berpindah direktori, baik itu direktori lokal maupun direktori cloud.




Fasilitas Gladinet Starter Edition ternyata bukan hanya sebagai penghubung dan pengelola file antara lokal dengan cloud. Lebih jauh daripada itu, Gladinet Starter Edition juga dapat digunakan untuk melakukan backup, baik Cloud Backup maupun Snapshot Backup, dan melakukan sinkronisasi antara isi direktori lokal dengan isi direktori cloud. Perhatikan bahwa sinkronisasi hanya dapat dilakukan pada lokasi cloud yang mendukung. Untuk melakukan berbagai tugas tersebut, Gladinet menyediakan peranti yang disebut Management Console. Jangan keburu “parno dulu dengan istilah “console”, karena peranti tersebut tetap bersifat grafis, bukan perintah baris.  (Yahya Kurniawan – Kontributor)

Gladinet Cloud Desktop adalah peranti lunak untuk melakukan pengelolaan file yang tersimpan di online storage maupun di komputer lokal. 


Source: www.infokomputer.com

No comments:

Post a Comment